Gejala/Keluhan/Makanan (PART.1)

/hihi

Berhubung gw udah masuk 36 weeks alias 9 bulan, gw pengen sharing rangkuman keluhan-keluhan gw dari awal hamil sampai sekarang + makanan apa aja yang gw makan.

GEJALA/KELUHAN/MAKANAN
Sebelum gw tahu hamil, gw ngalamin yang namanya payudara bengkak dan sedikit sakit. Pengen pipis terus, kepala sempat pusing banget (muter-muter gitu). Ngantuk, lemas, pengen minum + makan yang manis-manis dan badan berasa gerah terus.
Dan di awal itu, sempat ada satu momen di satu hari (cuma hari itu aja), badan gw jadi kayak mesin, semangat kerja beresin rumah – SAMBIL NYANYI-NYANYI; dan setelah gw ingat-ingat, itu sebenarnya momen awal gw curiga gw hamil, karna kenapa tiba-tiba gw jadi lain dari biasanya?
Nah setelah check-up ke dokter; dan dokter bilang gw udah hamil 4 minggu, gejala-gejala yang lain pun mulai berdatangan (gejala yang sangat obvious).
Gw mulai sensitif banget sama bau-bau makanan. Bau-bau makanan tertentu bikin gw eneg dan berasa pengen muntah (kalau bisa dimuntahin sih enak, tapi gw cuma uek-euk doang, ngga ada yang keluar!)

Dan bau yang paling gw benci itu bawang putih!! Kalau udah nyium bau bawang putih (yang udah diolah terutama), rasanya pengen nyekik orang. Bahkan mikirin gambar bawang putih aja rasanya eneg. Apalagi kalau gw buka jendela pintu di dapur, terus tetangga lagi masak, omG!

Dan di bawah apartment kan banyak tuh rumah makan, setiap kali gw lewatin mereka dan nyium bau masakan yang kebanyakan ada bau bawang putihnya, gw “benci” banget ngeliat rumah makan tsb! Dan biarpun untungnya di pertengahan trimester kedua, sensitif sama bau bawang putih udah ngga begitu parah lagi…. tapi sampai sekarang, gw masih “benci” sama rumah makan tsb (mungkin udah terprogram di otak gw kali ya).

Sebelum hamil, gw doyan banget sama pasta dkk, gw juga doyan banget sama keju, kentang. Tapi begitu hamil, gw jadi ngga begitu doyan makan, dan makanan-makanan yang gw suka itu, sama sekali ngga bisa gw makan lagi… karena gw cuma pengen jenis makanan tertentu aja. Dan jenis makanan tertentu itu kebanyakan makanan rakyat gitu.

Contohnya
– Bakso, tapi harus bakso goyang lidah, bukan jenis bakso gepeng ataupun bakso bakwan. Bakso goyang lidah kebanyakan yang jualannya itu orang Jawa gitu.

– Pempek

– Nasi goreng tek-tek

– Tempe goreng, lagi-lagi harus yang dijual abang-abang (karna rasanya beda dengan yang goreng sendiri).

– Bubur ayam, harus yang di gerobak juga (yang pakai kerupuk, kacang kedelai, dll).

– Sebenarnya selama hamil gw rada anti sama daging ayam…, tapi khusus untuk ayam goreng/penyet WARUNG BU KRIS – Pluit, gw doyan banget!! Karena sambelnya pedas + ada rasa mangganya (tapi bukan sambal mangga ya, ngga tahu namanya sambal apa, yang jelas penampakan sambalnya itu masih sambal terasi, tapi ada aroma mangga gitu).

Ayam Penyet Warung Bu Kris Pluit

– Ikan Nila penyet Bu Kris juga suka.

Ikan Nila Penyet – Warung Bu Kris Pluit

– Dan yang udah pasti: Indomie rasa ayam spesial (dibikin yam alias tanpa kuah – dan emang gw kalau makan yang rasa ayam spesial ngga pernah kasih kuah, tapi bumbunya cuma masuk setengah, soalnya kalau masuk semua asin.)

Note:
Perjuangan banget mau makan beberapa makanan di atas, soalnya musti debat panjang lebar dulu sama Ryan. Apalagi kalau dia udah keluar kalimat maut, “Kasihan G**** (nama panggilan baby kita), dikasih makan gituan…” dengan tampang sedihnya. Kadang gw merasa bersalah, kadang masih pengen ngotot.

Selain itu, gw juga jadi penggemar chinese food dan chinese food-nya juga harus yang “merakyat”:

Nasi capcay (harus yang di satu rumah makan masakan Tiochiu di daerah Mangga Besar. Gw cocok banget makan makanan mereka).

Nasi Capcay

Dan btw, si enci rumah makan tsb selalu kepo memantau perkembangan perut gw, bahkan dari sebelum gw nikah… karena waktu sebelum gw nikah, perut gw kan emang ngga rata *bahasa halus*, sering banget dia nanyain ke Ryan tentang “kehamilan” gw. Dan gw yang lebih rela dikira hamil (pada saat itu) daripada ketauan emang perut gw ngga rata, lebih milih berpura-pura hamil. SILLY!!!!!!!

Bahkan ya, si enci, waktu gw udah hamil beneran ini, diawal-awal masih nanya ke Ryan, anak ke-2 ya??? Ryan bilang, bukan, anak pertama. Dan si enci bingung kali yaa???!!!

Perkembangan terakhir dari si enci, terakhir gw makan di sana (waktu hamil masih 7 bulan), si enci nanya lagi ke Ryan, istrinya udah melahirkan ya?

Dan kenapa si enci nanya-nya ke Ryan terus?? Karna setiap kali udahan makan, gw masih duduk di meja makan, masih minum, si Ryan udah ke kasir untuk bayar, makanya si enci nanyanya ke Ryan terus… dan begitu gw nyusul ke kasir, si enci baru puas kalau udah ngeliat perut gw. Aneh kan?

Chinese food yang lain: Kwetiau Kincipan; terjemahannya kwetiau ekonomis/sederhana (? cmiiw) di daerah kota juga, persisnya di daerah Krendang – Jkt barat. Kwetiaunya itu isinya cuma: kwetiau, telur, toge dan daun katuk. Suka banget gw… rasanya emang sederhana banget dan gurih.

Kwetiau Kincipan

Nasi campur di daerah Krendang juga.

Nasi Campur

Nasi Tim juga gw suka dan maunya lagi-lagi yang di daerah kota, di Bakmi Lily (seberang RS Husada). Biarpun kita ngga tinggal daerah sana, tapi selalu bela-belain makan di sana (kadang Ryan terpaksa sih :p).

– Gw juga suka banget sama bakut sayur asin. Dan segala makanan yang mengandung babi gw suka terutama daging samchan (pork belly?), dioseng pakai sayur asin dan jahe + kecap.

– Dari semua chinese food yang gw doyan, yang paling sering gw makan: bakmi kalimantan yang di daerah kota juga, tepatnya daerah Jembatan Besi (?) rada lupa sih nama jalannya, yang jelas nama tempatnya: Bakmi Amui (dekat sekolahan Candra Naya). Walaupun tempatnya kecil dan ngga mungkin parkir mobil, tapi kita bela-belain parkir mobil di sekolahan Candra Naya dan jalan kaki ke tempat tsb.

Soalnya cuma itu bakmi Kalimantan yang gw suka, yang lain kurang karena terlalu berminyak… sedangkan si Bakmi Amui ini ngga berminyak & cenderung kering. Isinya: mie yang teksturnya kecil, toge, daging babi merah, daging babi coklat yang manis, pangsit basah yang kulitnya ngga keras & ngohyong yang warna kuning kecoklatan gitu; yang terbuat dari udang.

Masuk pertengahan bulan ke-4, makanan yang dulu gw doyan (pasta dll), gw mulai doyan lagi. Terutama mashed potato! Dan anehnya juga, gw yang emang ngga gitu suka roti, berubah jadi pemakan roti. Roti favorite gw adalah Bluberry Cheese-nya Shokupan dan Sakura-nya Eaton!

Blueberry Cheese – Shokupan

Sakura – Eaton

Selain itu, setiap pagi juga mulai minum Oatmeal + roti tawar pakai selai strawberry.

Roti tawar selai strawberry – pisang & Oatmeal

Dan minuman manis juga doyan. Bahkan tiba-tiba kepikiran satu jenis sirup yang duluuu banget pernah gw minum yaitu: Siroop Tjap Buah Tjampolay (emang gitu merk-nya) – rasanya yang Pisang Susu.

Gw juga jadi niat banget bikin:
– Kolak pisang pakai pisang tanduk

– Kacang ijo pakai gula batu kadang campur ubi

– Susu kacang (tapi beli, bukan bikin)

– Coklat panas (yang Cadbury Hot Chocolate sachet karena lebih kental – awalnya beli yang Milo,tapi terlalu encer, biar udah pakai gelas kecil masih encer).

Selain itu:
Lamien (pemenangnya Paradise Dynasty – Plaza Senayan)

Kelihatannya dikit ya? Pdhl banyak banget, karna mangkoknya gede. Lupa namanya apa.. yang jelas toppingnya pork

Ramen (belum ada pemenang, karna belum ada yang benar-benar puas, tapi yang paling mendekati ya Ramen 38 Sanpachi – Central Park, masih lebih suka daripada Ramen Ikkousha *namanya selera ya…*)

Sushi (pemenangnya Sushi Joobu – Gading)

Crispy Spicy Salmon Special – Sushi Joobu Gading

Joobu’s Special Roll – Sushi Joobu Gading (bentuk aslinya jauh lebih besar drpd sushi di foto atas)

Untuk buah, semenjak hamil, buah yang rajin gw makan:
– Jambu biji, tapi harus yang Taiwan (yang gede gitu) soalnya ngga sepet, ngga lembek & rasanya ngga hambar alias manis.

– Jambu air yang merah

– Pisang ambon

– Kelapa muda

– Jeruk, tapi diperas airnya aja, males makan langsung

– Kurma (beli di Thamra; standnya di Hero Supermarket (Taman Anggrek), yang gw suka namanya Kurma Ambar, harga per-gramnya 42.500,- (untuk gw itu agak mahal tapi worth it karna menurut gw ngga kemanisan, dagingnya itu ngga lembek, rada kenyal ya, pokoknya menurut gw rasanya pas banget dan bikin nagih). Tapi mungkin cocok-cocokan juga kali, karna ada lagi yang jauh lebih mahal tapi gw ngga begitu suka… dan ada yang jauh lebih murah, gw juga ngga begitu suka.)

– Apel Fuji (ini kewajiban untuk makan kayaknya – jadi bukan karna gw doyan-doyan amat sih… apalagi belakangan harga/kg-nya naik drastis.)

– Kiwi (terpaksa makannya – dipaksa Ryan tepatnya).

-Di awal hamil sering beli anggur ungu yang kecil; ngga ada bijinya… doyan banget… tapi di pertengahan trimester 2, sama sekali ngga mau lihat lagi tuh buah.

Untuk cemilan:

– Dark Chocolate

– Kit Kat Chunky

– Coklat Cadbury dairy milk

pic’s source

– Yupi yang strawberry

– Biskuit Ritz

Pic’s source

– Ice cream Magnum Almond

Pic’s source

– Belakangan udah bosan sama Magnum Almond, mulai makan Baskin Robbins Very Berry Strawberry (my lifetime favorite flavor)

Pic’s source

Hmmm… setelah gw jabarin gini, kok jadi ngerasa ngga sesuai omongan ya? Ngakunya ngga doyan makan, tapi jenis-jenis makanan yang gw jabarin banyak banget…  (itupun banyak yang kelupaan).

Dan sebenarnya masih ada lagi yang gw suka masak sendiri, yaitu
– Okra dioseng pakai cabe rawit
– Buncis dioseng pakai telur
– Goreng daging terus dioseng bareng sayur caisim
– Bihun kuah pakai daging slice, tomat, sayur caisim, telur (jenis bihunnya bihun jagung) 
– Pakis terasi
– Sop sayuran
– Angkak kuah pakai daging & jahe
– dan banyak lagi masakan simple lainnya.

Dan berhubung udah kepanjangan postingan kali ini, keluhan-keluhan kehamilan yang lain gw lanjutin di post selanjutnya aja ya…

/bye

15 thoughts on “Gejala/Keluhan/Makanan (PART.1)

  1. bener, viiin….kebut semua film dibioskop
    gue sih uda kebut aja, soalnya bakalan 3 bulan dikekep sm mertua dirumah T_T
    lagi hamil aja, mertua suka ngoceh2 liat gue keluyuran sama suami ato spupu gue hikss

  2. ditunggu lagi postingannya kalo gitu… tentang makanan2 lagi ato malah ntar dah lahir baby nya 🙂
    iya yang di mangga besar yang sering lewat juga 😀
    coba sis kalo ada waktu mampir ke blognya rollz, rollz pernah cerita tentang Tsurukamedou…

    Btw, uda komplit baca semuanya, jadi terinspirasi nulis wedding prep lebih lengkap… sebelumnya bolong2… hahaha… ntah karena blom se-ribet itu ato emang males… :p

  3. Hi.. lam kenal juga.. 🙂

    Btw ngga hari juga sih.. tp emg bentaran lg, antara 2-3 minggu lagi kali yaa… (eh ga taunya lbh cpt dong.. >.< ) Yup cobain aja.. tp itu Bakmi Lily bukan yg di daerah tj. duren ya, tp yg di mangga besar gt.. Asikk..ntar ah cobain Ramen Tsurukamedou-nya 🙂

  4. wah berarti sekarang ini tinggal itungan hari ya…!
    bookmark dulu ah blognya sebelum ketingggalan :p

    btw, itu makanannya jadi pingin nyobain semua, terutama nasi tim yang di bakmi lily, beberapa kali lewat sana tapi blom pernah cobain… 🙂

    kalo ramen, coba maen2 ke tsurukamedou di daerah greenville, lebih enak dari ikousha 🙂

    sekarang mau ijin baca postingannya dari awal ya 🙂

    salam kenal 😀

  5. Gw malah ga pernah ngerasa bersalah Pi.. *ga tau diri*
    Iya stuju Magnum gw jg ngerasa kemanisan.. tp mnurut gw yg almond ngga separah yg lain manisny..

  6. Pagi2 baca ini langsung banjir iler gue vin hahahaha. Gue kadang kalo uda makan yg manis2 gt suka ngerasa bersalah sendiri lho vin, tp ini liat makanan lo yg manis2 gue jd merasa ada temennya hahahahaha. Trus makan sushi jg biarpun salmon nya uda di bakar tetep ada rasa takut gt, jd cuma makan ala kadar nya yg penting terpenuhi hasrat makan sushi gue. Kalo es krim belakangan jd ga demen magnum, abisnya kemanisan.. jd gue lebih doyan feast 😀

  7. Iya sih ngidam hahah… keluhan yang benar2 keluhan di part.2 aja :p

    Bisa jadi sama nih Mel.. tp first name baby gw cuma G*** (4 huruf), gw kasih tambahan satu huruf lg dibelakang buat nama panggilan dia… soooo… mungkin ga sama kali ya.. hehe..

  8. ini mah bukan keluhan vin, tapi ngidam hahaa..
    btw baby nya kok G**** yaaa, jangan2 namanya sama nih sama baby guee hahahaha. Kalo bener sih terlalu yaa, kita banyak banget yg samaan >_<

^______^ hi!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s