Check-Up (PART.3) 37 weeks

Hari ini (Senin, 22-07-13), gw udah masuk 37 weeks. Dan hari ini juga gw check-up ke RSIA Family lagi. 
Berat badan: 61,9 kg (naik 2,6 kg dari kunjungan terakhir, which is 2 minggu sebelumnya!)
Daftar dari enam hari sebelumnya, dapat kelompok A, #1, jam 9 pagi. Tapi tadi gw dan Ryan berangkat kesiangan. Jam 10 kurang baru sampai sana. Dan ternyata udah ada sekitar 3 bumil yang antri (dan 2 bumil yang udah masuk), setelah gw ditimbang dan ditensi, gw masih harus nunggu 2 bumil masuk, baru giliran gw. Ngga masalah sih, karna kan emang mereka datang duluan dan gw telat.
Setelah masuk, gw di-USG, kali ini agak lama, karna dokter benar-benar berusaha ukur baby, dll. Waktu dia tekan perut bagian bawah gw pakai alatnya itu, sebenarnya agak sakit, tapi gw tahan. Dan selama USG dokter bilang kalau baby gw agak kecil dibanding yang seharusnya, perutnya kecil, kepalanya juga agak kecil. Itu pengaruhnya dari susahnya baby nerima makanan dari gw. Dia sempat ngomongin ari-ari apa gitu… tapi gw ngga terlalu ngeh maksudnya apa dan agak lupa juga penjelasannya.
Berat baby cuma 2,5 kg, padahal di minggu ke-37 ini yang normal sekitar 2,7 kg. Dan dokter pengennya pada saat proses lahiran berat baby ada diantara 2,8 kg s/d 3 kg.
Gw sedih dengarnya… 
Tapi setelah itu dokter bilang cuma beda 200 gram ngga masalah kok. Dan dia lanjutin dengan ngasih gw nasihat untuk mulai rajin jalan, untuk terus mantau gerakan baby; kalau di jam biasa dia aktif; tiba-tiba ngga aktif, harus curiga, dan harus hubungi dia, blablabla.
Ya sebenarnya gw ngga terlalu pikirin nasihat dia itu, yang gw pikirin adalah tentang berat baby. Makanya setelah dia nasihatin gw, gw nanya, ada cara ngga untuk bikin baby lebih besar?
Dokter nanya balik lagi ke gw, “lu mau normal atau cesar?”
Gw jawab, normal.
Dia bilang, kalau lu mau normal, ngga perlu gede-gede baby-nya. Jangan bangga kalau punya baby gede di dalam. Karna nanti malah lahirannya susah, vagina bisa rusak, kandungan bisa turun. ML juga jadi ngga enak. *Beneran dia ngomong gitu*.
Kalau mau lahir normal, dia saranin berat antara 2,8 kg – 3 kg udah bagus. Jangan punya pemikiran kalau baby besar itu bagus. Besar dan kecil baby di dalam kandungan ngga mempengaruhi pertumbuhannya kalau udah lahir. Baby yang kecil di dalam ngga berarti setelah lahir dia kecil terus, begitu juga sebaliknya. Jadi lebih baik baby besar di luar daripada di dalam.
Kurang lebih itu yang dia bilang. Dan gw cukup terhibur. Dan cukup bersyukur juga punya Obgyn yang cukup talkative, penjelasannya logis, ngga asal ngikutin kemauan bumil, dan ngga mata duitan. 
Seperti waktu dia bilang tentang vitamin dll yang diminum bumil selama hamil itu sebenarnya ngga perlu-perlu amat; kalau ngga minum juga ngga apa-apa asalkan asupan gizi dari makanan yang masuk cukup. Vitamin dan obat-obat itu cuma sebagai tambahan aja. 
Dia juga bilang, mama kita jaman dulu juga ngga minum apa-apa, tapi kita lahir ngga bego-bego amat. *dalam hati gw, merendah amat nih dokter..?! Bukan sekedar ngga bego, dok… tapi malah pinter, bisa jadi dokter!*
Setelah keluar ruangan dokter, gw punya inisiatif dalam hati, untuk ngga membuat baby gw besar. Gw ngga akan sengaja makan yang manis-manis dsb-nya. Tapi gw justru jadi termotivasi untuk makan yang lebih sehat, lebih bergizi untuk baby gw. 
Selama 3 minggu ke depan ini (kalau emang sesuai due date – karena dokter tadi juga bilang baby belum turun sama sekali, tapi posisi kepalanya emang udah di bawah), gw malah pengen diet dengan cara makan nasi merah, lebih banyak makan buah dan sayur, lebih rajin konsumsi vitamin (yang selama ini bolong-bolong). Selain itu juga pengen tidur lebih pagi, istirahat cukup. Karena selama ini gw tidur masih agak malam, sedangkan bangun agak pagi.
Gw anggap dan menanamkan pikiran: bahwa berat baby masih agak kecil karena dia emang masih pengen lebih lama di dalam untuk bertumbuh dan makan lebih banyak gizi….at least sampai 3 minggu ke depan!
God speed!
Biaya kunjungan ke-sembilan:
* Adm rawat jalan: 25.000,-
* USG 2D: 75.000,-
* Konsul ObGyn: 200.000,-
TOTAL = Rp 300.000,-

19 thoughts on “Check-Up (PART.3) 37 weeks

  1. Ohhh.. ic ic.. :))

    btw komen lo kok selalu masuk ke spam ya? ini gw br nemu komen lo setelah buka email.. tp pas gw cari ke blog ternyata ada di spam (sama kyk komen yg sblmnya) *aneh*

  2. ahahaaaa~ tenang aja ce! aku lahirnya juga underweight kok *katanya* *tp ga pernah dikasih tau beratnya berapa soalnya ngga ada yang inget*
    tapi sekarang sehat2 aja hahahaa

  3. Vin, kasus u sama kyk gw suka bolong2 minum vitamin >.< suka males dan lupa haha..apalg tuh vitamin rada buat mual, rada besar kapsulnya..
    Wah bentar lg ya vin, semangat yah..nanti post lg ya vin gw suka baca post2 u menginspirasi bgt hihi..Gbu

  4. Dokternya oke bgt yah, bener2 ngasih kekuatan jadi ga nakutin 😀 Semangat yah Vin, bisa lah itu bayinya lahir dengan berat badan yg sesuai.. Aminn

  5. Iyaa bener.. 😀

    Iya pastinya ga bisa disamain ke semua org yaa.. klo badan kyk gw lahir 4 kg apa jadinya hahahahahha..

    Trus kponakannya Ryan (cowo) jg ada yg pas lahir 4 kg, gara2 emaknya waktu hamil makan bakmi terusss.. tapi ga nanya sih susah ato ngga lahirnya..

  6. lo sih bnr2 udah kelamaan ga bw loh 😀 soalnya… kan lo ud pernah ngucapin di postingan pengumuman kehamilan gw.. :p

    Ayoo tulis2 lagi.. kangen pengen baca 🙂

  7. vin, kakaku 2x lahiran normal, yg pertam 3,15 kg, yg kedua 2,8 kg, tp emg lbh susah anak pertama…cuma sekarang badan kakanya lebih kecil dari adenya, kakanya g suka makan…minum susu doang…

    semoga baby & ibunya sehat terus sampe masa persalinan, semangat ya vin nambah gizinya…

  8. dokternya ceplas ceplos amat ya Vin haha..
    tp temen gw ada tuh yg anaknya pas lahir 4 kg tp bs2 aja normal dan dia blg gampang keluarnya wkwkwkwk

  9. vinaa congrats ya for your pregnancy 😀 gilak gw telat amat ya hahaha. udah lama banget nih ga BW n nulis blog huhuhu. semoga baby dan elunya sehat selalu yah 😀

  10. Masih 3 minggu dapet lah vin kalo mau naek sampe 2,8kg dede nya. Gua sihh kurang ngerti jg pola makan spt apa yg mesti di banyakin. Itu yg lu bolong2 maksudnya minum obat vitamin dr dokter ya vin?

  11. Komen lo ada benernya Din.. tapi selama ini justru gw ud byk makan protein + karbo.. kykny emg ga ngaruh2 amat ke baby gw… dan skrg gw lg sariawan, susah buka mulut klo makan.. jd pikiran gw lg fokus ke banyakin buah + sayur aja.. *nyambung ga sih?*

    Iyaa ya knp kt terbalikan gini ya, gw malah ngga “jaga” makan sama sekali.. segala macem asem, pedas, manis, asin hajarrr.. :s

  12. Hai Vinaaa

    Comment ya…eh tapi gw gatau bener apa nggak sih comment gw.

    Berat baby lo kan emang kecil tuh, kalo mungkin mau dinaikkin dikit (sampe 2,8 kg), kayanya jangan (cuma) banyakin nasi merah, buah, sayur deh. bukannya justru lebih banyak butuh protein + karbo ya. Biar gedenya sehat bukan manis2 doang gitu. Eh tapi ga tau sih, coba dikonsultasikan ke dokter hehe.

    Gw malah terbalik nih, anak gw nyerep gizinya kepinteran, jadi gw harus jaga asupan makanan banget supaya gak kegedean di dalem. Padahal ya gw gak terlalu banyak makan manis-manis dan lemak-lemak loh sebenernya. Temen-temen gw pun heran, soalnya gw makan udah lumayan dijaga sejak awal, tapi tetep aja nih baby bakan endut, sama kayak emak bapaknya. Hehe.

  13. berat baby pas lahir bisa plus minus kok vin.. dl anak gue diUSG sejak 38w tuh beratnya 3.2kg terusss…pdhl dia lahir ampir 41 w.. jadi ada tuh ampir sebulan dia ga naik berat badannya, terakhir2 pas mutusin mau induksi/sesar bahkan dokternya blg kl kemungkinan salah satu berat badan anak gue ga naik krn plasenta nya udah ga kondusif kerjanya.. eh pas lahir anak gue 3.54 kg ajah gitu 😀 cm krn dia jg panjang (53cm), badan dia tetep langsingggg aja.. kakinya kurus panjang, tangan jg panjang kecilll gt..

^______^ hi!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s