You May Not Know This…

Hal-hal tentang kehamilan yang baru gw tahu bisa terjadi setelah gw alami kehamilan itu sendiri, yaitu ternyata:

~ Kuku tangan & kaki, juga rambut; cepat banget tumbuhnya. ~
~ Rambut gw yang sebelum hamil lumayan suka rontok, mendadak jadi sehat. Ngga ada lagi kerontokan. Cenderung bervolume… kayak di iklan-iklan. ~
~ Ngga bisa ketawa ngakak lagi, apalagi ketawa yang sampai keluar airmata dan perut sakit.. Soalnya perut jadi keguncang-guncang + jadi keras. ~
~ Badan/perut bisa “lecek” karena keceplak sambungan jahitan pakaian yang gw pakai, solusi gw adalah: di rumah atau pada saat mau tidur, gw selalu pakai baju/celana/daster terbalik, jadi bagian sambungan jahitan ada di luar. ~
~ Dan ngga jarang panties juga cara pakainya sama, kecuali pakaian/panties yang ngga ada sambungan. *ya, cukup memalukan -_-* ~
~ Di trimester akhir, ngga ngerti kenapa, piyama gw rasanya ngga gitu nyaman lagi, dan yang nyaman dipakai itu kaos dan celana tidur/boxer-nya Ryan! Jadi hampir setiap malam, gw pakai kaos Ryan dan tetap pakainya sengaja terbalik. ~
~ Di pertengahan trimester 2, ngga ada lagi posisi tidur normal yang nyaman, yang ada serba salah, serba pegal. Makanya gw harus atur posisi tidur baru…! Dan cara tidur baru gw adalah:

Keterangan:
* Guling I & II fungsinya untuk nyanggah punggung.
* Bantal perut fungsinya untuk nyanggah perut. Letaknya itu harus selalu nempel ke guling I ataupun guling II…, Karena posisi tidur gw antara miring ke kiri atau ke kanan.
* Intinya punggung & perut sama-sama ada sandaran gitu, jadi ngga pegal.

* Bantal baby juga belinya bukan sengaja buat baby, tapi buat gw taruh di atas bantal pink, biar kepala lebih tinggi. ~

Untuk bantal perut, belinya ngga sengaja. Tadinya pengen beli maternity pillow-nya Mothercare (yang semacam guling gitu, tapi bentuknya panjang banget, dan atasnya bisa jadi bantal untuk kepala juga) kalau masih ngga tahu, ini penampakannya:

Udah cari ke Mothercare CP, tapi barang kosong, yang di TA juga kosong… Adanya yang harganya 1jt-an gitu, lebih mahal 300rb-an dari yang gw mau… Tapi gw ngga beli, karena selain lebih mahal, gw juga ngga suka tipenya… yang gw mau seperti di gambar atas, yang cuma satu sisi gitu, tapi yang lebih mahal itu bentuknya melingkar depan belakang; diselipin ke perut atau punggung gitu (susah ya jelasinnya…)
Intinya di hari itu gw merasa harus dapatlah sebuah bantal buat gw sandarin ke perut selama tidur, jadi gw dan Ryan ke Carrefour, niatnya mau belanja tapi sekalian ke bagian bantal guling (berharap nemu bantal yang empuk).
Dan kalau udah jodoh emang ngga ke mana ya… (bukan, gw bukan nemu bantal panjang itu), tapi gw nemu bantal biasa yang empuk banget… merk-nya: Infinity by Good Sleep. Harga normal 300rb-an, lagi didiskon jadi 180rb (gw curiga diskonnya palsu, emang harganya segituan aja kali).
Si Mbak SPG bilangnya itu bulu angsa… tapi mana ada bantal bulu angsa harga 180rb??!! *asal ngomong!!* Setelah pulang, gw lihat di labelnya bilang: 100% microfiber pillow.
Biar gitu emang gw akui empuk banget bantalnya… empuknya ngga gepeng gitu, tapi kayak bisa balik lagi dan biar disandar bentuknya tetap penuh dan empuk. Dan emang nyaman banget buat gw jadiin sandaran perut!!
~ Gw kebelet pipis bisa setiap berapa menit/setiap setengah jam loh… biar malam-malam ngga repot bolak-balik ke toilet, gw sengaja beli ember kecil yang ada tutupnya, untuk gw jadiin pispot dan taruh di kamar. Jadi setiap kali kebelet, gw ngga usah keluar kamar!! 
\^.^/ ~
~ Dan kalau udah masuk trimester ke-3 atau kalau perut udah merasa gede dan susah nekuk lagi…, jangan coba-coba untuk tiduran atau duduk leha-leha di lantai. Kenapa? Karena untuk kasus gw: gw harus guling kiri, guling kanan, KAYAK KURA-KURA TERBALIK KARENA SUSAH BANGUN, ketahan perut.
Gw harus minta Ryan yang angkat/tarik tangan gw. Dan kalau gw beruntung, Ryan lagi ngga mandi. Kalau dia lagi mandi, gw harus nunggu sampai dia selesai mandi. Karena udah PERNAH kejadian. Dan selama nunggu itu, posisi gw masih tiduran, berusaha bangun tapi ngga bisa, sedangkan lantai kan keras, jadi gw panik sendiri karena posisi ngga nyaman.
*kehamilan ini bikin gw jadi aneh*

Untuk posisi duduk sih, hoki-hokian ya, kadang gw bisa maksa bangun sendiri, kadang ngesot dulu ke mana gitu untuk nyender dan pelan-pelan narik badan naik. Tapi yang paling enak ya ditarikin. Soalnya kalau maksa langsung bangun kayak normal gitu, berarti harus nekan atau nekuk perut… dan itu menyiksa karena sakit (perutnya). ~

~ Nama panggilan baby ke kita:
Awalnya Ryan cuma pengen yang simple dan ngga berlebihan, yaitu: “Mama-Papa”…, tapi ada rasa ragu juga sih, makanya kita iseng-iseng pengen bikin fair dengan cara ngundi; 
tulis ke atas kertas 3 pilihan nama panggilan, yaitu: Papa, Papi & Daddy.
Setelah itu kertas digulung dan Ryan pungut satu *niat abis*
Yang keluar adalah: “Daddy”
Terus coba lagi antara “Papa” dan “Papi”
yang keluar adalah “Papi”.
Kita kurang puas dengan hasil-hasil itu, karena menurut kita sedikit berlebihan sih.. (IMO untuk di Indonesia)
Makanya tetap dengan keputusan awal “Papa-Mama”.  
*mending ngga usah ngundi dari awal kali ya?*
Tapiiiiiiii….
dengan berjalannya waktu, semakin ke sini; kehadiran baby tambah terasa real, itu  bikin gw dan Ryan semakin terikat dengan baby (terutama Ryan), tiba-tiba dia mau dipanggil “Daddy”. Dan itu bikin gw otomatis dipanggil “Mommy”. dan juga karena dari awal dia berencana ngomong bahasa English & Mandarin ke baby juga sih.
Ngga ngerti kenapa sesuatu yang kita anggap berlebihan diawal…, dengan berjalannya waktu, karena rasa keterikatan itu; bikin kita ngga peduli apapun yang disebut berlebihan (oleh orang lain ataupun diri sendiri)
Bukan cuma soal nama panggilan aja, tapi juga ada beberapa hal lainnya. ~
*
*
* CHEESY ALERT!!! *
*
*

~ Ternyata kehamilan ini membuat gw bisa melihat Ryan dari sisi lain. In fact, gw seperti falling in love with him all over again. Karena gw jadi bisa ngelihat kalau Ryan itu ternyata lembut banget. Setiap ada kesempatan, dia pasti samperin perut gw dan tanpa canggung ngomong sama baby, nyanyiin lagu baby (senandungin tepatnya), sengaja elus-elus perut gw dan maksa baby untuk “kick daddy…”, juga kiss perut gw sambil manggil-manggil nama baby (maksudnya mau kiss baby)
Setiap malam sebelum tidur, setiap pagi setelah bangun tidur, sebelum berangkat kerja; juga sore setelah pulang kerja, bahkan kalau kita lagi di mobil, setiap ada lampu merah; pasti manggil baby dulu dan minta di-kick….
Yang paling nyata, dari awal ketahuan gw hamil, dia langsung bikinin tabungan “masa depan” di salah satu bank untuk gw dan baby… atas nama gw. 
Dan serius, bukan masalah apa yang dia kasih, tapi besarnya rasa sayang dia ke gw dan baby yang dia tunjukin terang-terangan di depan gw.
In fact, gw dan Ryan justru jadi lebih akrab setelah nikah dan hamil. Kapan terakhir gw dan dia “berantem”; gw ngga ingat sama sekali. Kalaupun debat mulut, itu pasti soal bingung mau makan apa, dan soal pilihan makanan “ngga sehat” yang gw mau. ~
* alert end *
*
Last:
~ Mulai dari masuk 2 bulan terakhir, perasaan takut pada proses melahirkan mulai menyerang. I mean, benar-benar takut. Cara gw menenangkan diri adalah dengan selalu ingat, ibu-ibu lain bisa lewat proses itu, pasti gw juga bisa. ~

23 thoughts on “You May Not Know This…

  1. Pingback: Yang Gw Bawa Kalau Travelling | TOO BUSY TO WORRY!

  2. Tapi Cin.. gw sebenarnya masih mikir juga, rambut gw jadi gitu gara2 hamil atau gara2 gw ganti ke sampo TREsemme yg anti hair fall ya? Soalnya awal hamil bertepatan dgn gw pake sampo itu… Jadi coba deh loe pake sampo itu jg.. 🙂

    wow kepleset? pelan2 Cin jalannya.. apalagi di wc.. gw jg pernah hampir kepleset di wc soalnya.. untungnya hampir doang…

    Iyaa tq Cin.. amin gw pasti bisa!!

  3. heheh tq… wkt itu beli di King Rabbit mangga dua square (sebelum hari H) belinya 2 set (isi: sprei, sarung bantal guling sama bed covernya) 900rb-an.. kayaknya kemahalan ya? abis gw ga tau harga pasaran, dan udah last minute juga, buru2 mo “hias” ranjang..

  4. pengalaman gw pake tambahan bantal yg enak itu bantal baby, Pi.. soalnya klo bantal yg ukurannya sama, suka geser2, kadang leher pegel…

  5. Ga maksud ngelucu loh lol.. :p

    justru kykny krn gw gede di perut jadinya kyk gitu..

    Bukan krn kesempitan sih.. soalny baju gombrong jg gt, wkt tidur kan nempel tuh baju ke kulit, jadi sambungan jahitan yang nimbul g nyeplak ke perut bagian kiri/kanan gt.. (tergantung gw miring ke mana tdrnya)

  6. wah untung ya vin jadi lebih sayang ama ryan, soalnya temen rollz ada yang hamil dan dia tu benci banget liat suaminya… hahaha… jadi penasaran pingin cepet2 merid dan hamil kalo begini ceritanya… hahahaha…

  7. Vina lucu bgt yg soal tiduran di lantai itu susah bgn hihi,. Tapi soal rambut ga rontok itu malah kebalik ama gw. Gw sblm hamil rambut lumayan rontok dan ternyata setelah hamil itu malah jd rontoknya banyak ya >.< hiks..beda ama org2..pdhal pgn bgt ga rontok.
    Klo soal kuku bener cepet panjang, tapi yg ga enaknya sering emosi dam cpt marah2 aja apalg klo keinginan ga terkabul :p jd marahnya ke suami haha..
    Soal pipis gw baru 4 bln nih udah lumayan bolak balik ke wc, dan gw mengakali juga dgn pispot, walau awalnya suami ga gitu setuju, tapi dgn insiden gw pnh kepleset di wc itu jd setuju deh hiks..
    Bentar lg lihat ketemu baby nya, semangat yah Vin! U pasti bisa melewatinya hehe (gw juga takut sih klo mikirin lahiran :p

  8. Yg panggilan itu, gue kasih suami gue kesempatan untuk milih loh. Soalnya dia kan panggilnya Papi Mami ke ortunya, sementara gue pake Papa Mama. Ehhh dia malah milih pake Papa Mama. Kata dia lebih universal aja. Dan anak lbh gampang buat syllable-nya. Tinggal sebut Pa 2 kali dan Ma 2 kali.

  9. gua suka deh motif bantal guling lu hehehehehe… abis mo komenin yg lain ga bisa komen apa2, jadi komenin sarung bantalnya aja deh secara gua lagi hunting2 sepre murah tp kualitas bagus hahahahaha… #banyakmaunya

  10. so sweet sekali vin, jadi jatuh cinta mendalam ya sama ryan hihihi
    ini bener-bener bukti klo anak membawa cinta dalam keluarga cieeeeeh 😀

    hahahaha maap ya jadi ketawa pas u tulis ga bisa bangun pas tiduran or duduk di lantai.
    moga2 nanti suatu saat daku hamidun bisa subur rambutnya kaya u ya buk hihihi

  11. Perjuangan ibu itu memang besar yahhh..

    Jadi skrg manggilnya Daddy and Mommy yah.. Lucuu.. Kebayang dede nya teriak2 manggil emak bapaknya :')

  12. Huwahahaha, bisa kebayang ibu hamil nggak bisa bangun, hush malah gue ketawain. Dosa deh nih.
    Dan OMG, pipis pake pispot plus pake celana dalem kebalik… betapa besarnya pengorbanan seorang ibu. Hahaha.
    Lucu yah you fall in love all over again. hihihi. that's sweet. =)

  13. Ada beberapa yg sama nih, kuku iya cpt panjang, bar potong uda panjang lg. kl lg ga hamil sih gue uda gatel bgt pengen kutekin tuh kuku. Rambut jg cpt panjang dan ga rontok, jd ga perna bad hair day lg lol.

    Kl posisi tdr gue masih blm pake bantal kiri kanan sih, baru pake tambahan bantal kepala. Soalnya kl kerendahan berasa jd ga enak.

    Btw gue jd ngakak baca yg lo tiduran or duduk di lantai ga bs bangun kyk kura2 terbalik hahaha.

  14. eh iyaa gw juga serba salah kalo tidur. dan persis kayak elo gw pake 2 guling di kanan sama kiri (kayak baby yahhh). Sempet kepikiran juga mo beli maternity pillow, tapi kok mahaaaaaaaal.. pdahal di rumah udah ada byk bantal… ya wes lah pake yg ada dulu hehehehe

    terus gw jg tukeran posisi tidur. Biasanya gw yg deket tembok, tapi sejak hamil kan susah ya mau naik turun kasur kalo setiap malem kebelet pipis 2-3x. Akhirnya gw tukeran deh jadi tidur disisi luar 😀

  15. Eh eh gw jadi ketawa-ketawa baca posting lo, terutama yang bagian duduk di lantai gak bisa bangun trus lo asosiasikan dengan kura-kura. LOL.

    Gw GAK ngalamin sebagian besar yang lo alamin loh. Padahal gw yakin deh hamil gw lebih gede daripada lo *lo langsing gitu kayanya* hahaha. Guess I'm just lucky :p

    Terus yang jahitan baju nyeplak2 itu gw gak ngerti? Karena kesempitan kah?

^______^ hi!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s