On 38 weeks… signs of labor?

(Postingan draft 2 hari yang lalu)

Hari ini (Senin, 29 Juli 2013) usia baby dalam janin 38 weeks.

Dan gw melakukan check-up ke-10 hari ini. Kali ini sebelum jam 9 pagi udah sampai. Tapi lagi-lagi udah ada bumil yang ngantri… tapi cuma 2 orang sih… Check-up terakhir seminggu yang lalu.
Berat badan gw bukan naik malah turun. Terakhir 61,9 kg. Hari ini jadi 61,7 kg.
Dan untungnya sih berat baby malah naik. Minggu lalu 2,5 kg. Hari ini jadi 2,650 kg. Dokter bilang perut baby udah gendutan. Padahal seperti yang gw bilang sebelumnya, gw ngga akan coba “gede”in baby dengan cara makan manis-manis dsb. Malah gw benaran diet yang manis-manis dengan cara ganti nasi putih ke nasi merah (biarpun ngga gitu suka), banyakin buah dan sayur. Juga ikan sih.

(Tapi dua hari yang lalu, cece-nya Ryan ngasih kolak isinya ubi dan singkong… enakkkkkk bangettttttt! Satu kotak gw habisin sendiri – and now i want more pleaseeeeeeee)
/no

Terus kemarin juga gw mulai berenang. Waktu masuk kolam, perut gw kayak keangkat gitu, sedikit sakit, tapi ngga lama kemudian rasanya nyaman banget. Ngga lama-lama juga sih berenangnya, cuma 15 menit πŸ˜› Tapi efeknya lumayan berasa, telapak tangan gw langsung ngga bengkak lagi, jari-jari udah bisa ditekuk. Kaki juga ngga sebengkak biasanya.
Menurut dokter pas hari lahiran berat baby bisa mentok di 3 kg.
Hasil USG baby hari ini juga nunjukin ada lilitan tali pusar di leher baby (Ya Tuhan… :(). Sebenarnya gw sedikit curiga dan was-was kemarin, karna kemarin baby benar-benar aktif banget sepanjang hari… gw rada takut kalau dia terlalu aktif, bisa kelilit.
Begitu dipastiin ada lilitan, dokter langsung tegasin untuk terus cek gerakan baby. Dan dia langsung tegasin kalau baby terlilit tali pusar bukan berarti harus operasi cesar. Karna banyak pasiennya yang terlilit tali pusar tapi masih bisa lahiran normal. Biar gitu, dia ngga bisa pastiin ngga ada resiko. Dia bilang 95% ngga ada masalah, tapi yang 5% dia ngga berani jamin.
Soalnya, baru aja terjadi kemarin, ada pasien yang baby-nya meninggal di dalam karena terlilit tali pusar.
Awalnya waktu si pasiennya tahu ada lilitan tali pusar, dia mutusin untuk cesar. Nah karena si pasien mau cesar, dokter saranin secepatnya, ngga perlu ditunda lagi.
Tapi si pasien bilang mau tunggu sampai baby-nya gedean lagi (si pasien waktu itu udah 37 weeks). Dan si pasien jadwalin operasi untuk hari ini, tapi kemarin malah babynya udah meninggal. 😦 Udah ngga ada gerakan tapi si pasien ngga ngeh. Lebih kasihan lagi, si pasien udah punya 2 anak cowok dan baby yang meninggal itu cewek. Barang-barang semua udah dibeli. Cuma tinggal lahiran aja.
Si dokter juga kasih lihat gw dan Ryan foto dari tali pusar baby yang meninggal itu, kelilitnya di bagian pangkal pusar….
Dan bagaimana dengan gw dan Ryan?
Untuk gw pribadi, gw ngga terlalu cemas. Gw yakin baby pasti baik-baik aja. Dan untuk Ryan, gw tanya ke dia; khawatir atau ngga? Dia bilang ngga, Tuhan pasti menyertai. Dan ikutin saran dokter aja, kalau emang di check-up minggu depan dokter saranin cesar, ya udah cesar aja (gw rasa itu ngga akan bikin gw any less of a mother, kan ya?) Tapi menurut pendapat gw pribadi, Dr. Ronny ngga akan saranin untuk cesar, karena baby pasti fine-fine aja.
Biar gitu, dia (Ryan) nanyain + suruh gw hitungin gerakan baby terus dan suruh ajak ngobrol, jangan sampai baby mikir “kok sepi amat” -_- Dan sepanjang hari ini, baby masih aktif terus sih. Terutama kalau gw ajak ngobrol.

Setelah beberapa kali gw “kaget” setelah check-up, (soal virus CMV, soal baby underweight dan sekarang soal kelilit tali pusar), gw pada akhirnya bisa bikin kesimpulan bahwa:

Pertama: baby pasti baik-baik aja. God speed.

Kedua: Semua yang bikin gw “kaget” itu cuma bikin gw menyadari bahwa ketika di dalam kandungan aja ada beberapa hal tentang baby yang bikin gw cemas, apalagi ketika baby udah lahir dan hidup di dunia?! Gw rasa kalau gw harus cemas, gw akan terus cemas for the rest of her life (or mine).

Oleh sebab itu, gw harus siap dan sadar sepenuhnya bahwa ketika baby udah lahir, pasti akan banyak hal yang bikin cemas… TAPI gw ngga boleh hidup di dalam kecemasan itu… gw justru harus punya “pegangan” dan “sandaran” yang bikin gw jadi emak yang kuat dan wise dalam setiap situasi. Β 

And for that, I have my Lord Jesus Christ.
Amen.

Biaya kunjungan ke-sepuluh:
* Adm rawat jalan: 25.000,-
* USG 2D: 75.000,-
* Konsul ObGyn: 200.000,-
TOTAL = Rp 300.000,-

Update kondisi hari ini (Rabu, 31-07-13)

Gw rasa gw akan melahirkan ngga lama lagi… karena… dari kemarin malam perut gw keras terus setiap beberapa menit, baby seperti gerak terus ke bawah dan itu bikin bagian miss v sedikit nyeri/nyut-nyut (belum pernah terjadi selama hamil).
Pagi ini, perut gw juga masih keras terus, sedikit sakit dan pinggang belakang gw juga mulai nyeri, setiap beberapa menit juga… dan gw juga belum pernah ngalamin itu.
Tebakan gw: mungkin dalam beberapa hari ke depan?

13 thoughts on “On 38 weeks… signs of labor?

  1. Selalu think positive! Pasti nanti baik-baik aja. Emang susah sih namanya jadi orangtua juga pasti khawatir melulu. Gue dulu pas mau lahiran juga denger cerita temennya temen gue bayinya meninggal di dalam karena terlalu aktif dan kelilit tali pusar. Sempet bete sama temen gue karena jadi nakut-nakutin. Tapi ya gue berserah dan berpikir positif.

    God speed, Vin!

  2. wah wah emang kita hrs nurutin saran dokter yah. Kalo dokter bilang sesar ya gak usah ngeyel mau normal lah, apalagi nunggu nyari hari baik segala -_-“. nah justru kalo dokter bilang bisa normal kita harus yakin kalo kita bisa πŸ™‚

    semoga semua lancar ya Vin *kisskiss*

  3. Vin, gw pernah denger cerita juga yg soal ada bayi meninggal gara2 terlilit tali pusar gitu. Kasihan bgt yah 😦 ya banyak ajak ngomong baby nya aja suruh jgn bandel2 hehe..
    Kyknya klo soal yg V sakit itu bisa jadi dekat2 kelahiran Vin, Wah bisa2 pas lebaran lg..tapi tetep positif thinking dan banyak berdoa aja,pasti Tuhan akan membantu dan mlancarkan..Amin..Ga sabar Vin mau lihat baby nya, ntar udah lahiran jgn lupa update blog nya terus ya, apalg photo babynya itu πŸ™‚

  4. duh vin gue baca yg uda 37 weeks mo operasi tp keburu baby nya meninggal itu jadi mikir gmn sedihnya si mama nya ya >.< gue baru tau kalo kelilit tali pusar itu ternyata ga bisa dianggep sepele jg ya. Gue akhir2 ini jg suka worry yg engga2 lol kalo dipikir2 masi diperut aja uda posesif gini, gmn tar kl uda keluar ya :D *akhirnya tau jg knp emak gue posesif bgt* semua pasti baik2 aja vin, lancar2 terus yaa… semangatt πŸ™‚

^______^ hi!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s